Breaking News
Loading...

Info Post
Suatu pencemaran udara akibat asap mesin mobil, pabrik dan lain sebagainya akan merugikan ternak ayam. Demikian pula kelembaban udara yang tinggi atau anomiak di dalam ruang kandang yang tinggi sangat merugikan. Kelembaban udara yang optimal bagi ternak ayam sekitar 60%. Untuk mencapai kelembaban yang optimal bisa ditempuh dengan jalan:

*)    Membuat kontruksi kandang yang betul di mana ventilasi sempurna atau dengan kontruksi kandang terbuka atau dengan dinding setinggi 0,5-1 m, dan dinding bagian atas dalam keadaan terbuka.
*)    Hindarkan kandang terlalu padat. Kandang yang terlalu padat akan mempercepat kelembaban udara dalam ruang kandang.
*)    Hindarkan air minum banyak tercecer. Sebab air minum yang tercecer akan menyebabkan kelembaban udara yang tinggi.
*)    Usahakan litter selalu kering dan sering diganti.

Kelembaban udara yang tinggi sangat merugikan ayam, karena akan mengakibatkan gangguan pernafasan (Bronchitis).

Kadar amoniak yang terlampau tinggi
Demikian amoniak yang terlampau tinggi juga berpengaruh negatif terdahap usaha pemeliharaan broiler. Kadar amoniak dalam raungan kandang yang tinggi antara lain bisa disebabkan karena:
-          Sirkulasi udara dalam kandang tidak sempurna.
-          Ayam dalam  kandang banyak yang mencret, dan kotoran tidak cepat dibersihkan sehingga terjadi fermentasi. Efek negative dari kadar amoniak yang tinggi dalam ruangan kandang ialah:
*          Efisiensi penggunaan ransum makanan dan laju pertumbuhan lambat.
*          Mutu karkas dan dada rendah.
*          Ketahanan terhadap penyakit berkurang, terlebih-lebih penyakit pernafasan. Ayam menjadi sangat peka terhadap serangan penyakit Bronchitis.
*          Menyebabkan radang selaput kornea mata.

Gejala-gejala ayam yang menderita gangguan amoniak, antara lain: mata berair, kelopak mata melengket, menggosok-gosokkan matanya pada sayap.