Breaking News
Loading...

Info Post
1)        Dasar pemisahan

Pemisahan antara jantan dan betina broiler dilakukan berhubung dengan adanya perbedaan sifat antara tiap-tiap jenis berbeda-beda.
-          Pada umur tertentu, betina memiliki berat badan yang lebih ringan daripada yang jantan.
-          Jumlah konsumsi ayam betina relative lebih rendah daripada yang jantan.
-          Yang betina memiliki sifat lemah, sehingga  kemungkinan dimusuhi oleh yang jantan selalu terjadi. Apalagi ayam jantan selalu bersifat agresif.

2)        Pelaksanaan pemisahan

Pemisahan antara jantan dan betina broiler bisa dilakukan pada saat ayam berumur 10-14 hari. Sebab pada umur tersebut, perbedaan antara jantan dan betina mulai Nampak jelas. Ayam jantan Nampak cepat menjadi lebih besar.

3)        Keuntungan pemisahan antara jantan dan betina

Dengan usaha memisahkan antara jantan dan betina, akhirnya diperoleh kelompok ayam yang masing-masing memiliki berat badan seragam, sehingga membawa suatu keuntungan sebagai berikut:
-          Pemasaran bisa dilakukan secara bertahap.
-          Ada kesempatan untuk meningkatkan berat badan terhadap kelompok ayam betina ayam yang belum memenuhi syaarat untuk dipasarkan.
-          Efisiensi terhadap penggunaan makan dapat terjamin. Sebab ayam jantan bisa dipasarkan lebih awal dan di lain pihak member kesempatan dalam peningkatan berat badan yang betina.
-          Menghindarkan permusuhan antara betina yang kuat dan lemah, terutama terhadap kelompok betina. Sehingga kelompok betina dalam usaha mendapatkan makanan dan air minum tak terganggu oleh kelompok ayam  jantan.