Breaking News
Loading...

Info Post
Untuk mengusahakan agar nafsu makan ayam broiler tetap stabil, maka perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut:
-          Sedapat mungkin ransum yang diberikan berbentuk pellet atau butiran. Sebab ayam memiliki sifat suka memilih ransum semacam itu.
-          Jangan mengisi tempat makan terlampau banyak yang mengakibatkan ransum tersisa dan tengik. Jika sisa makanan yang sudah tengik tadi dicampur dengan ransum yang baru, maka hal ini akan mengakibatkan ayam kurang berselera.
-          Usahakan agar bangunan kandang dilengkapi dengan suatu kontruksi ventilasi yang baik sehingga peredaran udara segar, akan merasa nyaman. Suasana semacam ini akan berpengaruh pada proses biologis dan pertumbuhan berjalan normal, sehingga napsu makan pun akan tetap baik, karena proses metabolism tak terganggu.
-          Usahakan agar ransum tidak sering diganti dengan bahan yang baru, sehingga menimbulkan rasa asing bagi ayam.
-          Usahakan agar air minum selalu tersedia penuh, bersih dan segar sepanjang waktu. Sebab setiap kali ayam habis makan butuh minum. Kekurangan persedian air minum akan membawa pengaruh negative terhadap napsu makan.
-          Usahakan agar mutu dan kelezatan ransum selalu menarik. Ransum makanan yang dipalsukan dan banyak serat kasar atau tengik menyebabkan napsu makan ayam menurun. Sebab bahan makanan semacam ini oleh ayam dirasa tak enak atau tak menarik.
-          Hindarkan kemungkinan terjadinya stress pada ayam. Bagi ayam yang menderita stress, napsu makannya akan menurun pula.