Breaking News
Loading...

Info Post

-          Fungsi protein
Unsur ini terutama dibutuhkan untuk keperluan pembentukan jaringan tubuh, dan pertumbuhan. Kebutuhan protein sebernarnya sama saja dengan kebutuhan asam-asam amino. Sebab protein ini tidak bisa langsung diabsorpasi oleh dinding usus, melainkan harus dipecah terlebih dahulu oleh suatu enzyme menjadi asam-asam amino. asam-asam amino itulah yang kemudian diserap oleh tubuh, setelah diserap, asam-asam amino tadi kembali bergabung menjadi protein tubuh. Dengan demikian para peternak dalam menyajikan ransum makanan harus memikirkan akan kandungan asam-asam amino. Tepung ikan merupakan sumber protein yang lebih lengkap.

-          Jumlah kebutuhan protein
Jumlah kebutuhan protein ayam broiler terutama dipengaruhi oleh factor umur/fase pertumbuhan. Pertumbuhan sangat erat hubungannya dengan usaha sel-sel tubuh untuk memperbanyak diri, sehingga kebutuhan protein menjadi lebih banyak. Hal ini jauh berbeda apabila dibandingkan dengan jumalh kebutuhan protein ayam petelur pada fase hidupnya. Hidup ayam broiler bisa dibedakan menjadi dua. fase starter dengan kebutuhan protein dalam ransum 23-24%, dan fase finisher 20-22%. Ingatlah bahwa laju pertumbuhan dan pertambahan berat badan broiler begitu sangat cepat. Laju pertumbuhan pada minggu kedua lebih dua kali lipat apabila dibanding dengan pertumbuhan minggu pertama.

-          Sumber protein
Berbagai sumber protein terdapat pada bahan-bahan seperti tepung ikan (tepung teri), tepung susu, tepung darah, dan berbagai bungkil seperti bungkil kedelai, bungkil kelapa; serta feed-supplement protein.