Breaking News
Loading...

Info Post


Walaupun telah diperoleh strain yang bagus, para petenak perlu melakukan pemilihan bibit pula. Sebagai criteria untuk menentukan bibit broiler yang baik bisa dipilih anak ayam yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

*           Berat badan awal cukup
Berat badan DOC. yang normal sekitar 35-40 gram. Anak yang memiliki berat badan awal yang tinggi lebih menguntungkan daripada rendah. Sebab berat badan awal merupakan modal pertumbuhan yang baik, tetapi bagi anak ayam yang bertubuh kecil, berat badan kurang dari 35 gram akan sulit mengejar mereka yang memiliki berat awal yang tinggi. Karena DOC. yang memiliki berat badan awal yang tinggi cadangan energynya pun lebih banyak. Dan energy tersebut akan sangat diperlukan bagi aktivitas tubuh, termasuk pertumbuhan.

*           Efisiensi penggunaan makanan tinggi
*           Anak yang memiliki Efisiensi penggunaan makanan tinggi, pertumbuhannya cepat, sehingga cepat menghasilkan daging. Misalnya, ayam strain A menghabiskan 1 kg makanan menghasilkan 0,5 kg, strain B menghabiskan 1 kg, tetapi menghasilkan daging 0,3 kg, maka dalam hal ini ayam strain A lebih efisien.

*           Memiliki badan besar dan bentuk seragam
*           DOC. yang Memiliki bentuk badan besar dan bentuk seragam, akan memudahkan pemeliharaan.


*           Keadaan tubuh
Padat berisi atau penuh; dada lebar, dalam; demikian pula punggung pun lebar.

*           Pertumbuhan bulu: baik, cepat, serempak, rapi dan bersih.

*           Kaki: kuat, tegap.

*           Kesehatan baik :
Hal ini ditandai dengan pandangan mata yang cerah, tingkah laku aktif, perhatian terhadap lingkungan baik, kotoran normal.

*           Tidak cacat
Contoh ayam yang cacat, misalnya pincang, mata satu, paruh silang, kaki bengkok, dan lain-lain.