Breaking News
Loading...

Info Post
Feed-supplement merupakan  bahan makanan tambahan esensial yang berguna untuk merangsang pertumbuhan dan mencegah penyakit, serta memperbaiki mutu ransum. Feed-supplement ini berisikan sebagian atau beberapa unsur zat-zat makanan dan obat-obatan. Unsur zat makanan yang biasa terdapat di dalamnya ialah vitamin-vitamin, asam-asam amino dan mineral. Sedangkan unsur obat-obatan yang biasa ialah antibiotic dan ciccodiostat.

-          Arti penting antibiotik di dalam feed-supplement
Antibiok ini dimaksudkan untuk memacu pertumbuhan dan membasmi infeksi penyakit tertentu. Dalam dosis rendah antibiotik berguna untuk memacu pertumbuhan, tetapi dalam dosis tinggi (optimal), akan mampu membasmi infeksi penyakit. Berbagai jenis antibiotic yang biasa terdapat dalam feed-supplement antara lain: Terramycin, Aureomycin, Spiramycin, Streptomycin, Tetracycline, Procaine Penicilline, dan lain-lain.

-          Arti penting coccidiostat di dalam feed-supplement
Obat-obatan antibiotik  biasanya hanya kecil pengaruhnya terhadap pemberantasan infeksi coccidiostat. Di dalam perkembangan lebih lanjut, maka sulfonamide dipandang sebagai coccidiostat yang efektif. Tetapi dewasa ini coccidiostat yang biasa dipergunakan ialah fulfaquinoxaline. Sebab dia sangat efektif, baik sebagai pencegahan maupun untuk membasmi coccidia, dengan dosis 0,1%. Pemakaian coccidiostat seperti sulfaquinoxaline dalam dosis yang tinggi secara berturut-turut hanya diperkenankan dalam waktu yang singkat. Sebab kerja sulfaquinoxaline ini berlawanan dengan pembentukan prothrombine. Jika ayam tak pernah dilakukan pencegahan, kemudian tiba-tiba menderita coccidiosis, maka obat yang efektif ialah sulfaquinoxaline.