Breaking News
Loading...

Info Post


Pertumbuhan tubuh yang  kemudian membentuk karkas terdiri dari 3 jaringan utama, masing-masing adalah:
-          Jaringan tulang, yang membentuk kerangka.
-          Otot atau urat, yang membentuk daging.
-          Lemak (fat)
Ketiga jaringan tersebut tumbuh sangat teratur dan serasi. Di antara ketiga jaringan itu, yang tumbuh paling awal adalah jaringan tulang, kemudia baru diikuti pertumbuhan urat sebagai daging, yang menyelubungi seluruh kerangka. Sedangkan lemak tubuh paling akhir. Sesuai dengan tingkat pertumbuhan jaringan ini, pada ayam broiler pun jaringan lemak tumbuh belakangan. Jaringan tersebut baru terbentuk dengan cepat pada umur 45 hari keatas. Mulai saat itu akumulasi (penimbunan) lemak terus berlangsung.
Sebenarnya yang dimaksud karkas itu sendiri adalah hasil potongan, tanpa: darah, bulu, kepala, dan leher, cakar, isi perut dan isi rongga dada. Persentase karkas umumnya berkisar 65-75%.
Persentase ini berdasar hasil pemotongan ayam yang berumur kurang lebih 8 minggu.
Namun demikian perlu diingat bahwa proses pertumbuhan yang baik dari ayam broiler akan terjadi apabila factor-faktor penunjang itu menjamin. Factor-faktor tersebut antara lain:
-          Faktor genetis atau strain
-          Keadaan, di mana ayam itu dipiara. Iklim sekitar menguntungkan, atau tidak?
-          Tata laksana/perawatan. Tata laksana yang jelek tak akan menjamin laju pertumbuhan secara baik.
-          Mutu ransum. Baik buruknya ransum sangat berpengaruh terhadap proses pertumbuhan.
-          Penyakit. Ayam yang mengidap suatu penyakit tertentu tak akan bisa mengejar laju pertumbuhan ayam-ayam yang sehat.
Setiap peternak yang sudah berpengalaman pasti akan mengetahui dan bisa memperbandingkan antara berbagai strain yang tumbuh baik, serta efisien dalam penggunaan makanan.
Factor genetis (keturunan) ini lebih membatasi kemungkinan pertumbuhan dan besarnya tubuh yang bisa dicapai oleh hewan. Sedangkan lingkungan seperti keadaan tempat, tata laksana/pemeliharaan, mutu makanan dan penyakit akan menentukan tingkat pertumbuhan dalam mencapai berat badan tertentu atau persentase karkas yang diinginkan. Itulah sebabnya tiap-tiap bangsa atau strain ayam memiliki sifat-sifat yang satu sama lain berbeda.