Breaking News
Loading...

Info Post
Indukan yang baik ialah indukan yang memenuhi persyaratan sebagai berikut:

-          Sumber panas stabil
Indukan yang tidak stabil akibat naik turunnya suhu, sumber pemanas akan sangat mengganggu proses hidup anak ayam. Suhu indukan yang terlalu dingin akan mengakibatkan anak ayam masuk angin dan tak mau makan, sehingga ayam menjadi sakit atau mati. Sebaliknya jika suhu terlampu panas, mengakibatkan kutuk selalu dalam keadaan kehausan terus-menerus, mulut selalu terbuka. Dan apabila peristiwa ini terjadi terus-menerus, anak ayam akan mudah stress.
 
-          Sumber panas kontinu
Untuk menjamin suhu dalam indukan berlangsung stabil, perlu pengaturan panas secara cermat, dan menggunakan alat pemanas yang bisa dipertanggungjawabkan. Misalnya dengan memakai lampu listrik yang tak pernah terjadi giliran, minyak tanah dan lain sebagainya.
a)        Lampu listrik
Lampu listrik lebih praktis, karena tidak perlu setiap kali harus mengisi minyak dan membersihkan. Dengan demikian keadaan panas akan lebih stabil dan tak ada gangguan asap. Untuk jumlah anak ayam 40-50 ekor dapat menggunakan bola lampu 40-60 watt, yang digantungkan 10-15 cm di atas lantai (litter).

b)        Lampu minyak
Apabila indukan ini menggunakan sumber panas lampu minyak tanah, diharapkan para peternak harus lebih rajin:
*      Membersihkan lampu pada setiap hari dua kali, pagi dan sore hari
*      Menghindarkan lampu tak berasap
*      Mengisi minyak.

-          Udara di dalam indukan segar
Keadaan udara yang segar di dalam indukan sangat menunjang kehidupan kutuk. Untuk keperluan tersebut maka persyaratan yang harus dipenuhi dalam mempersiapkan indukan antara lain:
*      Pengaturan ventilasi secara sempurna.
*      Sumber pemanas yang berasal dari lampu minyak harus dihindarkan jangan sampai berasap.
*      Hindarkan dari litter yang basah atau lembab; jika litter tersebut menggumpal harus cepat diganti dengan yang baru.
*      Mengisi indukan sesuai dengan kapasitas, tidak boleh berkelebihan (over-crowded).